Senin, 12 Agustus 2024

 DIGITAL BRANDING


Digital branding banyak diterapkan oleh bisnis saat ini. Pasalnya metode marketing ini, sangat efektif untuk membangun kepercayaan pelanggan dan menjadi pembeda dengan kompetitor.

Terlebih di era saat ini, banyak konsumen mencari informasi melalui internet. Bahkan sebagian dari mereka juga menyukai berbelanja secara daring. Oleh karena itu, membangun digital branding sangatlah penting untuk bisnis.

Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui digital branding secara mendalam serta strategi ampuh untuk mengenalkan bisnis Anda secara online. Yuk, pelajari selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Apa itu Branding?

Branding adalah upaya yang dilakukan bisnis untuk membuat usahanya dikenal publik dan membedakan dirinya dari kompetitor. Branding biasanya ditampilkan dalam bentuk kalimat, desain, atau ide yang membuatnya mudah dikenali oleh publik.

Disi lain, bisa dikatakan bahwa branding merupakan strategi kreatif untuk menunjukkan kepada calon pelanggan mengenai siapa Anda, apa yang Anda kerjakan, apa yang Anda aware, dan mengapa  begitu penting untuk bekerjasama dengan Anda


Pengertian Digital Branding

Digital Branding adalah proses membangun cerita dan kehadiran brand Anda di ruang digital. Oleh karena itu, proses ini dilakukan melalui website, aplikasi, sosial media dan sejenisnya.

Digital branding adalah kunci untuk membangun hubungan yang bermakna dengan target audiens Anda secara online. Anda juga dapat dengan mudah mengenalkan produk Anda ke pelanggan dengan memanfaatkan jaringan internet.

Setelah digital branding berhasil Anda bagun, akan memudahkan langkan Anda kedepannya. Misalnya untuk menjalankan strategi marketing baik untuk mengenalkan produk baru atau penawaran khusus lainnya seperti diskon, paket bundling dan lainnya.

Kenapa Digital Branding Penting?

Sebagian besar orang mencari informasi melalui internet. Hal ini menjadikannya penting bagi brand untuk menjangkau target pelanggan dan mengubahnya menjadi loyalis jangka panjang.

Namun sebelum itu, bisnis harus bisa membangun digital branding yang kuat agar bisa menjangkau target pelanggan mereka. Pasalnya, digital branding memungkinkan perusahaan mana pun untuk mmenonjolkan keberadaannya dikenal di mana saja, bahkan hanya melalui telepon gengam Anda.

Selain itu, masih ada banyak alasan pentingnya digital branding seperti berikut:

– Membangun interaksi baik dengan pelanggan

Anda bisa memanfaatkan digital branding untuk membangun “image” bisnis Anda ramah terhadap pelanggan. Dimana pelanggan lebih mudah untuk berinteraksi dengan Anda melalui branding yang Anda bangun secara online. Misalnya Anda bisa membuat storytelling yang menceritakan produk Anda melalui GIF atau konten-konten interaktif. Kemudian pada konten tersebut, calon pelanggan diajak interaksi dengan menjawab pertanyaan yang Anda berikan.

– Memorable

Anda bisa membuat konten-konten untuk untuk membangun brandi Anda. Setelah itu Anda bisa membagikan konten tersebut kesemua platform media sosial Anda agar mudah diingat oleh pelanggan. Selain itu Anda juga bisa mengikuti tren yang sedang booming di internet.

– Mengenalkan brand Anda

Seperti yang dibahas sebelumnya, internet merupakan cara terbaik untuk mengenalkan brand Anda. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mengenalkan keunikan produk Anda sehingga bisa menonjol dibandingkan dengan kompetitor.

– Memperluas networking

Bebeda dengan branding konvensional, dengan digital Anda tidak dibatasi oleh wilayah dan waktu. Hal ini sangat menguntungkan, sebab Anda bisa menjangkau lebih banyak koneksi. Dengan begitu, membuka kesempatan Anda untuk bekerjasama dengan lebih banyak bisnis lainnya.


Apa Perbedaan Digital Branding dengan Digital Marketing?

Terkadang sulit membedakan antara digital branding dengan digital marketing. Namun perlu Anda ketahui bahwa ada perbedaan secara mendasar antara keduanya. Digital marketing fokus promosi atau menjual produk, sedangkan digital branding fokus meningkatkan citra suatu brand kepada audiens.

Untuk memudahkan Anda, berikut perbedaan antara digital marketing dengan digital branding sebagai berikut:


Digital Branding

Digital Marketing

Fokus 

Membentuk citra sebuah brand

Promosi produk atau jasa

Objektif Mempertahankan interest pelanggan

Mendapat atensi pelanggan (brand awareness)

Meningkatkan loyalitas pelanggan Meningkatkan penjualan

Strategi

Digital branding berlaku secara permanen

Digital marketing tergantung pada beberapa faktor dan sifatnya periodik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOGO